
Pada hari Selasa, 01 Oktober 2024 seluruh guru SMP IT Al-Kautsar mengikuti kegiatan Diseminasi Pembelajaran STEM Lokal Konteks pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Adapun pemateri dalam kegiatan diseminasi ini yaitu Ibu Lilik Efendi, S.Pd.
Kepala Sekolah SMP IT Al-Kautsar, Ibu Melia Henny M, S.Pd., M.M dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan diseminasi ini merupakan hasil dari pelatihan “Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran STEM Lokal Konteks pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Wilayah Kerja PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) WK Rokan” yang ditaja oleh SEAQIS (Southeast Asian Minister of Education Organization (SEAMEO) Regional Centre for Quality Improvement for Teacher and Education Personnel (QITEP) in Science) bekerja sama dengan PHR pada tanggal 17-20 September 2024 di Pekanbaru. Adapun perwakilan dari SMP IT Al-Kautsar diikuti oleh Ibu Lilik Efendi, S.Pd.
“Terkait Ibu Lilik yang sudah mendapatkan ilmu mengenai STEM Lokal Konteks pada P5 melalui pelatihan yang telah didapatkan selama beberapa hari, maka Bapak Ibu mari sama-sama kita dengarkan dan serap ilmu yang akan dibagikan oleh Ibu Lilik kepada kita semua sehingga nantinya dapat kita terapkaan dalam kegiatan P5 kedepannya” Ujar Ibu Melia.
Selanjutnya Ibu Lilik Efendi, S.Pd memaparkan materi mengenai pembelajaran STEM Lokal Konteks pada P5 melalui slide power point sebagai berikut:
STEM
Pendekatan dalam pendidikan dimana Sains, Teknologi, Engineering, dan Matematika terintegrasi dengan proses pembelajaran berfokus pada pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan kehidupan professional Pendidikan STEM menunjukkan kepada siswa bagaimana konsep, prinsip, teknik sains, teknologi, engineering dan matematika digunakan secara terintegrasi untuk mengembangkan produk, proses dan sistem yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.
Lokal Konteks
- PERMASALAHAN/FENOMENA LOKAL
- BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL SETEMPAT
- ISU-ISU WILAYAH SETEMPAT
- PENGEMBANGAN ALTERNATIVE SOLUSI UNTUK WILAYAH SETEMPAT
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Kegiatan kokurikuler yang berfokus pada pendekatan proyek untuk memperkuat upaya dalam mencapai kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila (beriman dan Bertakwa kepada TYME dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, kreativ dan bernalar kritis)
Tema P5 pada Fase D
- GAYA HIDUP BERKELANJUTAN
- KEARIFAN LOKAL
- BHINEKA TUNGGAL IKA
- BANGUNLAH JIWA DAN RAGANYA
- SUARA DEMOKRASI
- BEREKAYASA DAN BERTEKNOLOGI UNTUK MEMBANGUN NKRI
- KEWIRAUSAHAAN
STEM sebagai Pendekatan
- Pendekatan Keterampilan Proses : Keterampilan Proses Dasar dan Keterampilan Proses Terpadu
- Pendekatan Saintifik : Mengamati, Menanya, Mengumpulkan Informasi, Menalar, Mengkomunikasikan
- Pendekatan STEM : Engineering Design Process (EDP) (Ask, Imagine, Plan, Create, Communicate
Manfaat STEM
- Mendukung implementasi dimensi pada P5: Beriman dan Bertakwa kepada TYME dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, kreativ dan bernalar kritis
- Mendukung keterampilan 4C Abad 21 : Creativy, Critical Thinking, Collaboration, Communication
- Mendukung kemampuan literasi dan numerasi
Alur STEM
Contoh Penerapan STEM P5
Projek Alat Penjernihan Air Sederhana, Tema Berekayasa dan Berteknologi
Langkah pertama yaitu menganalisis apakah terdapat integrasi sains, teknologi, enjinering dan matematika dalam proses pembuatan projek.
Sains:
- Faktual: partikel tidak dapat melewati saringan yang ukuran penyaringnya lebih kecil dari ukuran partikel tersebut.
- Konseptual: Pemisahan campuran secara fisika (filtrasi).
- Prosedural: Prosedur merancang alat penyaring air sederhana yang dapat menghasilkan air yang cukup jernih.
Teknologi
- menggunakan internet untuk mencari informasi mengenai konsep dan cara pembuatan alat penjernihan air sederhana
- penggunaan peralatan dalam merangkai alat penjernihan air sederhana
- hasil atau produk yang dihasilkan berupa alat penjernihan air sederhana
Engineering
Merancang, merakit komponen-komponen alat penjernihan air sederhana
Matematika
- Menentukan ukuran alat penyaring air.
- Menghitung komposisi/volume bahan penyaring yang digunakan.
Langkah selanjutnya yaitu merincikan langkah-langkah kegiatan atau aktivitas dalam projek sesuai dengan alur EDP. Ibu Lilik Efendi, S.Pd juga memberikan contoh gambaran langkah-langkah kegiatan projek dengan memasukkan alur EDP pada projek pembuatan kolase dari sampah plastik.
Langkah berikutnya yaitu merancang modul P5 berbasis pendekatan STEM Lokal Konteks sesuai dengan rancangan kegiatan yang telah disusun sesuai dengan format modul utuh.
Setelah pemaparan materi mengenai STEM Lokal Konteks pada P5 juga diselingi dengan tanya jawab dari beberapa orang guru.
Adapun kegiatan diseminasi ini dilakukan agar ilmu yang didapat dari pelatihan diluar bisa ditularkan ke teman sejawat sehingga berkontribusi dalam peningkatan kompetensi guru khususnya.
Ibu Lilik Efendi, S.Pd yang juga merupakan Koordinator P5 kelas VII SMP IT Al-Kautsar menyampaikan rancangan tindak lanjutnya dari pelatihan yang telah dilakukan yaitu dengan mengimplementasikan “Projek Ekoprint sebagai Kearifan Lokal” di semester 2 nantinya.
Ibu Lilik Efendi, S.Pd lebih lanjut memberikan motivasi kepada seluruh guru fasilitator P5 SMP IT Al-Kautsar untuk dapat secara bersama-sama saling belajar dan menguatkan pengimplementasian pendekatan STEM Lokal Konteks pada kegiatan P5 dan saling berkoordinasi dengan koordinator tingkat kelas VIII maupun kelas IX nantinya agar pendekatan STEM dapat dijalankan di kegiatan P5 SMP IT Al-Kautsar.
Sumber Referensi:
Poppy Kamalia Devi. Pembelajaran STEM dan Karakteristiknya. (Powerpoint)
Poppy Kamalia Devi. Analisis Topik STEM dan Desain Proyek STEM. (Powerpoint)